Yang Tertulis Dalam Catatan Amal Manusia - Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I

  • BiASTV
  • 13:55
  • 2022-1-24
  • 2022-2-14
BiASTV BiASTV Videos
157Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Sahabat sekalian yang dirahmati oleh Allah, kelak ada satu fase yang akan dilewati oleh setiap manusia di hari kiamat, yaitu prosesi pembagian catatan amal, pemberian izin bagi setiap manusia untuk melihat catatan dari amalan yang telah ia kerjakan semasa di kehidupan dunia, semua terangkum dengan rapi dalam catatan itu dan tak satupun dari amalan yang tertinggal dan terlewatkan.

Buku catatan ini adalah buku yang dicatat oleh malaikat yang ditugaskan menuliskan setiap amalan bani adam, Allah menyampaikan dalam firman-Nya:

كَلَّا بَلْ تُكَذِّبُونَ بِالدِّينِ (9) وَإِنَّ عَلَيْكُمْ لَحَافِظِينَ (10) كِرَامًا كَاتِبِينَ (11) يَعْلَمُونَ مَا تَفْعَلُونَ (12

“Sekali-kali jangan begitu! Bahkan kamu mendustakan hari pembalasan. Dan sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (perbuatanmu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan”.
(Al-Infitor: 9-12)

Amalan manusia tertulis dalam buku catatan malaikat, dan buku ini senantiasa melekat di leher masing-masing manusia, dan ketika hari kiamat Allah akan mengeluarkan buku catatan ini, Allah berfirman:

وَكُلَّ إِنسَٰنٍ أَلْزَمْنَٰهُ طَٰٓئِرَهُۥ فِى عُنُقِهِۦ ۖ وَنُخْرِجُ لَهُۥ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ كِتَٰبًا يَلْقَىٰهُ مَنشُورًا

“Dan tiap-tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. Dan Kami keluarkan baginya pada hari kiamat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka”.
(Al-Isra: 13)

Kemudian, akhirnya kita tahu bahwa setiap dari kita nanti akan membuka catatan amalnya masing-masing, dan yang termaktub dalam setiap buku kita nanti ada dua kemungkinan, kalau tidak amalan baik pasti adalah amalan buruk

Baca selengkapnya: https://bimbinganislam.com/apa-sih-yang-tertulis-dalam-catatan-amal-manusia/

Kunjungi Website Kami untuk Artikel dan Tanya Jawab Seputar Islam yang Lengkap:
https://bimbinganislam.com/

Yang Tertulis Dalam Catatan Amal Manusia - Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I

#amal #ilmu #islam