Makna Dzarrah dalam al-Qur'an - Poster Dakwah

Yufid.TV Yufid.TV Videos
84Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Makna Dzarrah dalam al-Qur'an - Poster Dakwah

Kata dzarrah dalam Alquran setidaknya ada 6 ayat yang menyebutkannya, diantaranya ayat alquran tentang biji zarah yang sering kita dengar adalah ada dalam surat Az zalzalah yang menyebutkan tentang kebaikan sekecil biji zarah dan keburukan sebesar biji zarrah. Selain itu juga terdapat dalam surat Annisa ayat yang ke 40, yang digandengkan dengan kata "mitsqal" yang merupakan ukuran berat. Lalu apa apa arti dari dzarrah dan apa makna dzarrah dalam Alquran? Ada lima pendapat ulama tentang maksud dari dzarrah. Pendapat pertama arti kata dzarrah adalah kepala semut merah, pendapat kedua apa arti dari dzarrah adalah butiran tanah, pendapat ketiga zarrah maksudnya adalah semut yang paling kecil dan pendapat keempat arti kata dzarrah adalah biji khardalah serta pendapat kelima zarrah artinya adalah debu yang nampak diudara ketika terkena cahaya matahari.

Apapun tentang makna kebaikan sebesar zarrah dan kebaikan sebiji zarah atau keburukan sebesar zarrah mempunyai arti bahwa sekecil apapun perbuatan pasti ada balasannya, oleh karena itu kebaikan sekecil apapun pasti dibalas oleh Allah dan keburukan juga dibalas oleh Allah Ta'ala karena perbuatan sekecil apapun ada balasannya dan kebaikan dan keburukan sekecil apapun dibalas Allah. Oleh karena itu sebagai seorang muslim jangan abaikan kebaikan sekecil apapun dan jangan meremehkan kebaikan sekecil apapun karena kebaikan sekecil apapun akan dibalas, begitu pula sebaliknya. Sehingga kebaikan sebesar zarrah artinya sama dengan kebaikan yang mungkin terlihat kecil dan keburukan sebesar zarah artinya keburukan yang mungkin terlihat kecil, namun ingat kebaikan sekecil apapun akan dicatat oleh malaikat begitu pula dengan keburukan.

#PosterDakwah #MaknaDzarrah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se