Beda Ketinggalan dan Meninggalkan Shalat - Syaikh Shalih al - Luhaidan #NasehatUlama

Yufid.TV Yufid.TV Videos
131Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Beda Ketinggalan dan Meninggalkan Shalat - Syaikh Shalih al - Luhaidan #NasehatUlama

Sholat lima waktu merupakan salah satu kewajiban seorang muslim yang hendaknya kita jaga dengan baik. Oleh karena itu seorang muslim tidak boleh meninggalkan shalat dengan sengaja atau ketinggalan dalam melaksanakannya.

Ada perbedaan antara makna meninggalkan sholat dan makna ketinggalan sholat. Tertinggal yakni kelupaan, sehingga waktunya habis, dan ia belum mengerjakan shalat, tetapi sebenarnya ia berniat untuk shalat. Baik ketinggalan sholat dzuhur, ketinggalan sholat maghrib, ketinggalan shalat ashar, ketinggalan sholat subuh dan yang lainnya. Tentang ketinggalan sholat, Nabi bersabda, dalam hal ini jika ketinggalan shalat ashar, yang artinya "Barang siapa yang tertinggal Shalat Asar, maka seakan-akan ia kehilangan keluarga dan hartanya." (HR. al-Bukhari). Jadi apabila seseorang sholat ashar ketinggalan seakan-akan ia kehilangan keluarga dan hartanya.

Sedangkan tentang hukum meninggalkan shalat, dalam hal ini jika meninggalkan shalat ashar, Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda yang artinya: "Barangsiapa yang meninggalkan Shalat Asar, maka sungguh amalannya telah terhapus." (HR. al-Bukhari) Hadits tentang meninggalkan shalat ashar tersebut menunjukkan bahaya meninggalkan shalat ashar dan hukum orang yang meninggalkan shalat ashar maka amalannya terhapus, dan jika amalan telah terhapus, maka tidak tersisa lagi kebaikan yang menyertainya itulah dosa meninggalkan shalat ashar dan akibat meninggalkan shalat ashar.

Oleh karena itu sebagai seorang muslim hendaknya kita tidak melalaikan kewajiban kita untuk melaksanakan sholat, mengingat dampak meninggalkan shalat yang sangat berbahaya bagi diri kita dan hukum meninggalkan shalat 5 waktu merupakan perkara yang sangat membinasakan bagi pelakunya. Adapun orang yang meninggalkan shalat, hingga waktunya habis, maka ia tetap menanggung kewajibannya. Jika tidak membenahi diri, maka dikhawatirkan padanya akan mengalami su'ul khatimah, karena shalat adalah perkara besar. Orang yang meremehkannya telah Allah ancam dengan kebinasaan.

#NasehatUlama #KetinggalanShalat #HukumMeninggalkanSholat


*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se