Bersin dalam Shalat - Rumaysho TV

Rumaysho TV Rumaysho TV Videos
260Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Salah satu bukti mulianya ajaran Islam adalah kita dituntunkan untuk mengucapkan "Alhamdulillah" saat bersin, ini menunjukkan bahwa bersin merupakan nikmat yang mesti disyukuri. Bisa bayangkan, orang yang kudu bersin, tetapi tidak bisa bersin, sungguh rasa yang sangat menyiksa bukan?!

Belum lagi, setelah kita bersin dan mengucap syukur dengan kalimat "Alhamdulillah", kita masih didoakan kebaikan oleh orang-orang yang ada di sekitar kita. MasyaAllah, sungguh mulianya Islam, menjadikan kita patut bersyukur bisa memeluk hidayah ini erat-erat.

Tapi, permasalahan timbul saat kita merasa hendak bersin di dalam shalat, tidak mungkin kita tahan sampai selesai salam, dan kita pun bingung bolehkah mengucapkan "Alhamdulillah" saat selesai bersin di dalam shalat?!

Ada sebuah fatwa yang membahas akan hal ini; Disyariatkan seseorang untuk mengucapkan “Alhamdulillah” (meski sedang shalat), karena telah terdapat dalam hadis yang sahih bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendengar seseorang mengucapkan “Alhamdulillah” setelah ia bersin dalam shalat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun tidak mengingkari perbuatannya. Bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Sungguh aku melihat seperti ini dan seperti ini, yaitu seluruh malaikat berada di belakangnya dan mencatat amalannya.” Karena ucapan Alhamdulillah adalah bagian dari dzikir dan sama sekali tidak mencacati shalat. (Fatwa Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullah dalam Majmu’ Fatawa wa Maqoolaat Mutanawwi’ah, Darul Ifta’, cetakan pertama, 1425 H).

Semoga bahasan ini bermanfaat.
-
Yuk ikut beramal jariah bangun masjid, dakwah, dan kegiatan sosial lainnya lewat @rumayshopeduli
Semua informasi perihal donasi tersebut bisa didapat melalui narahubung: 0811267791