Apa Saja Salat Sunah Rawatib? - Syaikh Utsman al-Khamis #NasehatUlama

Yufid.TV Yufid.TV Videos
222Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Apa Saja Shalat Sunnah Rawatib? - Syaikh Utsman al-Khamis #NasehatUlama

Shalat adalah ibadah yang sangat mulia karena shalat adalah interaksi antara seorang hamba dengan Rabb-nya. Keutamaan ibadah sholat sangatlahlah besar dan selain sholat yang hukumnya wajib didalam syariat Islam sholat yang disunnahkan. Ada banyak keutamaan sholat sunnah yang diantaranya adalah menutupi kekurangan pada sholat wajib, selain itu keutamaan shalat sunnah adalah meninggikan derajat seorang muslim di hadapan Allah Ta'ala serta keutamaan sholat sunnah yang lainnya.

Ada macam - macam sholat sunnah yang disyariatkan dalam Islam diantaranya adalah shalat sunnah rawatib, shalat sunnah rawatib adalah sholat sunnah yang mengiringi sholat wajib lima waktu. Kemudian macam sholat sunnah yang lainnya adalah sholat sunnah mutlak, apa itu shalat sunnah mutlak? shalat sunah mutlak adalah shalat sunnah yang dilakukan dengan tidak terikat pada waktu tertentu, tempat tertentu, sebab tertentu, atau jumlah raka’at tertentu, sehingga tata cara shalat sunnah mutlak dan waktu shalat sunnah mutlak boleh dilakukan kapanpun kecuali pada waktu tertentu yang terlarang, di manapun kecuali pada tempat-tempat tertentu yang memang dilarang dan dengan jumlah raka’at berapapun. Selanjutnya yang termasuk sholat sunnah adalah sholat sunnah tahajud, sholat witir, sholat sunnah masuk masjid atau shalat sunnah tahiyatul masjid, sholat sunnah dhuha dan jenis shalat sunnah atau macam sholat sunnah yang lainnya baik yang dikerjakan sendirian atau shalat sunnah berjamaah.

Sebelumnya telah dijelaskan tentang apa itu shalat sunnah rawatib, bahwa shalat sunnah rawatib adalah sholat sunnah yang mengiringi sholat wajib lima waktu dan waktu shalat sunnah rawatib dikerjakan sebelum atau sesudah sdholat wajib. Disana ada perbedaan pendapat tentang jumlah shalat sunnah rawatib, ada yang menyatakan sholat sunnah rawatib ada 10 rakaat dan ada pula yang menyatakan 12 rakaat. Adapun yang berpendapat 10 rakaat, maka itu adalah 2 rakaat sholat sunnah sebelum Dzuhur dan 2 rakaat setelah Zuhur, 2 rakaat setelah Maghrib, 2 rakaat sholat sunnah setelah Isya, dan 2 rakaat sholat sunnah sebelum subuh atau sholat sunnah qobliyah subuh dan disebut juga shalat sunnah fajar. Sedangkan yang berpendapat bahwa sholat sunnah rawatib adalah 12 rakaat maka waktu sholat qobliyah dzuhur sebanyak 4 rakaat.

#nasehatulama #yufidtv #sholatsunnah #sholatrawatib

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se