Surat al-Ikhlas dan Artinya - Syaikh Muhammad al-Ma'yuf #NasehatUlama

Yufid.TV Yufid.TV Videos
167Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Surat al-Ikhlas dan Artinya - Syaikh Muhammad al-Ma'yuf #NasehatUlama

Alquran adalah firman Allah Ta'ala yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam. Pokok pokok kandungan al Quran adalah berupa hukum-hukum, selain itu kandungan al Quran mencakup kisah-kisah dan berita-berita (tentang masa lalu atau masa depan), dan kandungan al Quran terdiri dari perkara tauhid dan akidah.

Diantara kandungan al Quran adalah perkara tauhid dan aqidah dan makna kandungan surat al Ikhlas semua isinya berkaitan dengan tauhid (pengesaan) Allah 'Azza wa Jalla. Surat ini murni menyebutkan sifat-sifat Allah Subhanahu wa bihamdihi, sehingga surat ini dinamai dengan surat al-Ikhlas. Oleh karena itu dikatakan bahwa surat al Ikhlash setara dengan sepertiga al Quran karena isinya berupa perkara aqidah dan tauhid. Dalam video berikut ini Syaikh menjelaskan tentang arti surat al Ikhlas dan tafsir surat al Ikhlas.

Tafsir surat al Ikhlash dan arti surat al Ikhlas ayat 1 yaitu Allah adalah dzat Yang Maha Dipertuhankan dan Disembah, Yang Maha Esa—Subhanahu wa bihamdihi—Yang tidak memiliki sekutu dalam rububiyah-Nya, dalam nama-nama dan sifat-sifat-Nya, dan dalam uluhiyah-Nya. Dia tidak memiliki sekutu dalam rububiyah-Nya, sehingga tidak ada Rabb bagi kita kecuali Dia—Subhanahu wa bihamdihi. Allah tidak memiliki sekutu dalam nama-nama dan sifat-sifat-Nya, karena tidak ada yang sama, serupa, dan sepadan dengan-Nya. Allah juga tidak memiliki sekutu dalam uluhiyah-Nya, karena hanya Dialah satu-satunya yang berhak dipertuhankan dan disembah.

Arti surat al Ikhlas ayat 2 dan tafsir surat al Ikhlas ayat 2 adalah Allah tempat bergantung, yaitu seluruh makhluk bergantung kepada-Nya dalam segala kebutuhan. Dialah Penguasa yang sempurna kekuasaan-Nya, dan Dialah Yang Mahamulia dan Agung, yang sempurna kemuliaan dan keagungan-Nya—Subhanahu wa bihamdihi. Ayat ini mengandung dorongan bagi para makhluk untuk bergantung dan tunduk kepada-Nya. Hendaknya pula hanya kepada-Nya mereka meminta seluruh kebutuhan, sehingga mereka bermunajat kepada-Nya dengan tunduk, lirih, penuh rasa takut dan rasa harap, terus menerus meminta dengan penuh harapan untuk dikabulkan dan penuh kekhawatiran akan tidak dikabulkan.

Arti surat al Ikhlas ayat ke 3, makna surat al Ikhlas ayat 3 dan tafsir surat al Ikhlas ayat 3 adalah Allah tidak beranak. Mahasuci lagi Maha Terpuji dari memiliki seorang anak. Ayat ini mengandung bantahan terhadap kaum Yahudi yang mengatakan Uzair adalah anak Allah, dan bantahan terhadap kaum Nasrani yang mengatakan Isa al-Masih adalah anak Allah, serta bantahan terhadap kaum musyrikin Arab yang mengatakan para malaikat adalah putri-putri Allah.

Arti surat al Ikhlas ayat 4 tafsir surat al Ikhlas ayat 4 adalah Tidak ada yang setara dengan-Nya. Tidak ada yang setara dengan-Nya dalam Zat-Nya, nama-nama-Nya, sifat-sifat-Nya, dan perbuatan-perbuatan-Nya. —Subhanahu wa bihamdihi.

Itulah makna dari surat al Ikhlas dan tafsiran surat al Ikhlas yang hendaknya dipahami dengan baik oleh seorang muslim. Disana ada keutamaan surat al Ikhlash tentang pentauhidan Allah Ta'ala, sebagaimana dalam sebuah hadits dari 'Aisyah Radhiyallahu'anha yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari no 7375.

#nasehatulama #yufidtv #tauhid #aqidah #suratalikhlas

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se