Stop Debat Tanpa Ilmu Mengenai Hari Raya dan Puasa Arafah

Rumaysho TV Rumaysho TV Videos
128Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Banyak dari umat Islam yang bertanya tanya: kapankah kita berpuasa Sunnah Arafah? Apakah mengikuti penanggalan dalam negeri yang secara resmi telah ditetapkan bahwa hari Arafah jatuh pada tanggal 9 Juli 2022, ataukah mengikuti penanggalan di Saudi Arabia yang secara resmi menetapkan bahwa wukuf di sana tertanggal 8 Juli 2022?

Ketahuilah, masalah ini sejak dahulu kala telah menjadi polemik dan ikhtilaf ulama, karena itu LAPANG DADA alias LEGOWO dengan perbedaan adalah prinsip pertama yang harus kita tegakkan.

Mungkinkah Anda dapat menyamakan persepsi semua umat Islam, kalau ternyata persilangan pendapat itu telah ada sejak dahulu kala?

Dan bila Anda telah berhasil menata perasaan Anda, maka selanjutnya sadarilah bahwa ternyata para ulama yang bersilang pendapat dalam masalah ini sepakat bahwa persatuan dan kesatuan umat Islam lebih penting untuk dijaga dan diperjuangkan keutuhannya.

Karena itu, walaupun mereka bersilang pendapat dari sudut tinjauan keilmuan, tetapi dari sudut sosial dan kemasyarakatan, mereka BERLAPANG DADA dan menerima kenyataan bahwa mereka sendiri tidak atau belum mampu menyatukan persepsi dan keputusan dalam masalah ini. Sehingga sebagai solusinya, semua sepakat untuk mengedepankan kemaslahatan keutuhan persatuan umat dibanding masalah ini, sehingga mereka menyuarakan agar kita mengikuti keputusan yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang sah di negeri masing-masing.

Jadi, stop debat, dan fokus untuk memperbanyak ibadah agar pahala kita meningkat.