Kerabat yang Wajib Disambung Silaturahim - Syaikh Shalih al-Luhaidan #NasehatUlama

Yufid.TV Yufid.TV Videos
178Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Kerabat yang Wajib Disambung Silaturahim - Syaikh Shalih al-Luhaidan #NasehatUlama

Apa artinya kerabat dan apa definisi kata kerabat? definisi kerabat artinya adalah semua orang yang bertemu hubungan darahnya dengan seseorang. Jika seseorang memiliki hubungan dari jalur kedua orang tua maka itu termasuk kerabat.

Dalam Islam terdapat perintah untuk menyambung tali silaturahmi dengan kerabat.Banyak keutamaan menyambung silaturahmi dan pahala menyambung silaturahmi serta manfaat menyambung silaturahmi dengan kerabat. Diantara perintah dari hadits menyambung silaturahmi adalah hadits riwayat Bukhari nomer 5983. Selain itu dalil menyambung silaturahmi dan juga larangan memutus hubungan silaturahmi adalah hadits riwayat Abu Daud nomer 4902.

Diantara keutamaan menyambung tali silaturahmi adalah mengamalkan sebuah ketaatan karena menyambung tali silaturahmi merupakan perintah dalam agama Islam, selain itu diantara fadilah menyambung silaturahmi adalah merupakan salah satu tanda keimanan. Selanjutnya manfaat menyambung tali silaturahmi adalah diluaskan rizkinya dan hikmah dari menyambung tali silaturahmi adalah dipanjangkan umurnya. Lalu bagaimana cara menyambung silaturahmi? Yang merupakan salah satu bentuk menyambung silaturahmi adalah dengan berbuat baik kepada karib-kerabat yang memiliki hubungan nasab, atau kerabat karena hubungan pernikahan, serta berlemah-lembut kepada mereka, dan juga merupakan arti menyambung silaturahmi adalah kasih sayang kepada kerabat dan memperhatikan keadaan mereka.

Berdasarkan hadis menyambung silaturahim hukum menyambung silaturahmi adalah perintah agama siapa sajakah yang wajib disambung silaturahmi oleh seseorang? Sebagian kerabat lebih dekat dari sebagian lainnya. Saudara kandung lebih dekat daripada sepupu, dan sepupu lebih dekat daripada cucunya paman, atau pamannya ayah, begitu seterusnya, sebagaimana telah dikenal dalam syariat kita. Semakin seseorang dekat pertaliannya dengan ayah atau ibu Anda dalam jalur kekerabatannya, maka dia termasuk kerabat. Kerabat tidak memiliki batasan terjauh. Jika seseorang luas kelebihannya dan merata kedermawanannya, hendaknya dia berusaha untuk menjangkau sejauh mungkin kerabatnya yang membutuhkan bantuannya yang masih termasuk kerabatnya.

#nasehatulama #yufidtv #silaturahmi #silaturahim


*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se