Kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Buruj Ayat 21 - Ustadz Abdullah Zaen, Lc., MA

Yufid.TV Yufid.TV Videos
136Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Buruj Ayat 21 - Ustadz Abdullah Zaen, Lc., MA

Tafsir Surat Al Buruj 21

بَلْ هُوَ قُرْءَانٌ مَّجِيدٌ

21. Bahkan yang didustakan mereka itu ialah Al Quran yang mulia,

Ayat yang berkaitan dengan ayat 21 ini adalah ayat 19

بَلِ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ فِى تَكْذِيبٍ

Sesungguhnya orang-orang kafir selalu mendustakan,

Orang-orang kafir selalu menolak dan mendustakan, dan yang ditolak dan didustakan adalah Al-Quran yang mulia (مَّجِيدٌ).

Allah menyebut sifat Al-Quran dengan kata مَّجِيدٌ ada dalam 2 tempat, yaitu surat Qof ayat 1 dan dalam ayat 21 surat Al-Buruj.

Apakah yang mulia dari Al-Quran:

1. Mulai kandungannya.
Kandungan Al-Quran mulia karena mengandung ajaran agama yang sempurna. Al-QUran bisa diamalkan kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja.

2. Mulia ungkapan bahasanya.

Allah menurunkan Al-Quran dalam bahasa arab, ini menunjukan bahwa bahasa arab adalah bahasa yang mulia.

3. Mulia orang yang mengamalkannya

Kisah; umar bin khotob ketika menjadi kholifaf mekah dipimpin oleh gubernur nafi.. Pada suatu hari nafi’ pergi dan ditunjuk orang untuk menjadi pengganti yaitu ibnu abza.

Umar bertanya siapa itu ibnu abza, nafi’ menjawab bahwa ibnu abza adalah salah satu budak nafi’. Maka umar bertanya bagaimana seoran gbudak menjadi pengganti?
Nafi’ menjawab bahwa ibnu abza walaupun budak tapi hafal al quran dan paham ajaran agama.

Maka umar berkata sungguh benar apa yang disabdakan Rasulallah bahwa Allah akan mengangkat derajat sebagian orang dengan al quran dan menjatuhkan karena meninggalkan al quran.



4. Mulia pahalanya.

Hadits: Ukbah berkata pada suatu hari Rasulullah menjumpai para sahabat dari kalangan ahli suffah. Rasulullah berkata siapa diantara kalian yang mau pegi ke pasar hewan dan pulang dengan membawa dua ekor unta istimewa gratis. Para sahabat berkata mau, kemudian Rasulullah berkata jika kalian ingin mendapatkan lebih dari itu berangkatlah ke masjid dan belajar atau mengajar atau membaca dua ayat al quran itu lebih istimewa dari dua ekor unta mahal.