Apa Makna "Rabb" - Syaikh Utsman al-Khamis #NasehatUlama

Yufid.TV Yufid.TV Videos
166Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Apa Makna "Rabb" - Syaikh Utsman al-Khamis #NasehatUlama


Seorang muslim hendaknya mengetahui pentingnya memahami bahasa Arab dengan baik karena bahasa Arab adalah bahasa alQuran dan bahasa Agama Islam, dengan memahami bahasa Arab maka seseorang akan mudah dalam memahami alQuran dan Hadits, doa-doa serta kaidah-kaidah dalam agama Islam selain itu memahami bahasa Arab akan merupakan salah satu sebab penting khusyuknya ibadah sholat yang kita lakukan serta ibadah-ibadah lainnya, itulah diantara pentingnya bahasa Arab dan ilmu bahasa Arab.

Salah satu bagian penting dalam belajar bahasa Arab adalah seseorang mempelajari dan menguasai kosakata dalam bahasa Arab, baik secara bahasa maupun secara istilah sesuai bidang keilmuannya. Sebagai contoh kata "Rabb", seperti yang ada dalam surat al Fatihah "Rabbil 'alamin", lalu apa arti kata rabb dan apa makna rabb? diantara makna rabb adalah “yang memperbaiki”. Arti rabb dalam bahasa Arab juga bermakna “pemilik”, contohnya adalah kisah Abdul Muthalib kakek nabi Muhammad dalam kisah raja Abrahah dan pasukan gajah, dalam kisah Abrahah menyerang Ka'bah ada perkataan Abdul Muthalib "Ana robbul ibil wal baiti robbun yahmihi" yang artinya "Aku hanyalah pemilik unta sedangkan Ka'bah ada Pemilik yang akan menjaganya" arti dari rabb disini adalah pemilik. Sebagaimana juga perkataan "Ana robbul baiti" pengertian rabb disini adalah "pemilik", sehingga maknanya adalah "Aku pemilik rumah itu". Itulah diantara arti dari rabb dan makna rabb.

Lalu apa makna makna rabb dalam al Quran, dalam hal ini dalam surat al Fatihah "Robbil 'alamin"? arti rabb dalam bahasa Arab juga bermakna Yang Maha Pencipta, Yang Maha Memiliki dan Yang Maha Mengurusi, sehingga pengertian rabbil alamin dan adalah Pemilik semesta alam dan robbil alamin artinya Yang Mengurusi keduanya, Yang Mahasuci lagi Mahatinggi.

#nasehatulama #yufidtv #maknarabb #robbil'alamin


*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se