Jihad dengan Harta - Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A

Yufid.TV Yufid.TV Videos
214Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Jihad dengan Harta - Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A - 5 Menit yang Menginspirasi

Ayat al-Qur'an yang menyebutkan jihad fi sabilillah beragam bentuknya; kadang disebutkan jihad dengan diri (baca: berperang) dan kadang dengan harta (yang ini maknanya luas). Contoh jihad dengan harta ialah membantu perkembangan dakwah, membantu operasionalnya, menyantuni anak yatim, menyantuni janda dan fakir miskin.

Jihad satu kata yang dewasa ini dikaburkan dengan makna aksi teror. Jihad dalam Islam ada yang hukumnya fardhu ain dan ada pula yang fardhu kifayah. Sebagaimana penjelasan Ibnul Qayyim tentang macam-macam jihad (jihad melawan hawa nafsu, jihad melawan Setan, jihad melawan orang kafir dan munafik, dan jihad melawan orang-orang zhalim, pelaku bid'ah beserta pelaku kemungkaran). Tentunya ada etiket yang harus diperhatikan dan tidak sembrono (sembarangan) layaknya para bomber itu. Dan kita tegaskan bahwa bom bunuh diri bukanlah jihad!

Kata-kata jihad; apa arti jihad; keutamaan jihad dengan harta; jihad wanita dalam Islam; mengapa umat Islam diwajibkan untuk berdakwah; jihad di jalan Allah, dan yang terkait dengannya disebutkan secara sistematis dalam Kitabul Jihad. Kitab yang membahas tuntas mulai dari definisi, macamnya, dan hal-hal penting yang harus diindahkan oleh kaum muslimin.

Simak video-video menarik dari Yufid TV lainnya dalam playlist yang beragam:

kumpulan ceramah umum, hasyiatu kitab tauhid, kajian muamalah, kitab ushul tsalatsah, syarah arba'in plus, ceramah pendek ceramah singkat, mutiara hikmah, konsultasi syariah, essay movie-psa, motion graphic, pengajian ulama, yufid documentary, bincang santai talk show islami, kajian aqidah imam ahlul hadits, serial umdatul ahkam, ust abdullah zaen, tadabbur qur'an, siroh sahabat kak hasyim, saudaraku, poster dakwah, bincang ringan angkringan, serial bahasa arab, serial wasiat nabi, kajian muslimah, profil, panduan ibadah dan adab dengan ilustrasi, kajian fikih doa dan dzikir, fiqih asmaul husna, tanya jawab aqidah.
Dan masih banyak lagi.

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah lebih menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar lebih tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se