Buah Manis Mengimani Nama Allah Ar-Roqib - Ustadz Abdullah Zaen, Lc., MA

Yufid.TV Yufid.TV Videos
86Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Buah Manis Mengimani Nama Allah Ar-Roqib - Ustadz Abdullah Zaen, Lc., MA

1. Semakin merasa diawasi oleh Allah (muroqobah).

Beribadah menggunakan nama Allah Ar-Roqib akan membuahkan didalam hati munculnya perasaan muroqobah (selalu merasa diawasi). Ketika sendirian atau ditengah keramaian. Dikegelapan malam maupun siang hari.

Karena Allah selalu bersama dengan hambaNya. Tidak ada satu rahasiapun yang tidak diketahui oleh Allah. Allah mendengar dan melihat apa yang kita ucapkan dan kita lakukan. Dan Allah mengetahui mata yang berkhianat.

Dan Allah mengetahui apa yang dirahasiakan di dalam dada.

Ketika seorang hamba meyakini bahwa Allah selalu melihat segala sesuatu maka dia akan berusaha untuk selalu menjaga hatinya. Dan senantiasa menjaga pendengarannya, tidak membiarkan sesutu yang buruk masuk ke pendengarannya. Dan berusaha untuk menjaga apa yang dilihat oleh matanya. Dan menjaga lisan agar tidak mengucapkan kata-kata yang tidak diridhoi Allah. Dan menjaga seluruh anggota tubuhnya jangan sampai berbuat maksiat kepada Allah.

2. Selalu menjaga lahir dan bathin dari hal-hal yang tidak terpuji.

Muroqobah akan mendorong seseorang untuk selalu menjaga lahir dan bathinnya. Menjaga lair artinya menjaga gerak-gerik lahiriyahnya, cara berbicara, cara bersikap. Jangan sampai ada hal-hal lahiriyah yang melanggar aturan Allah.

Menjaga bathin maksudnya, menghindarkan hal-hal negatif yang melintas didalam hati. Semisal suudzon. Dan keinginan-keinginan yang melanggar aturan agama, dan gerakan yang ada didalam hati yang menggar agama. Yang bertentangan dengan aturan Allah. Dan berusaha agar jangan sampai muncu keinginan untuk melanggar aturan Allah. Dan behati–hati dengan setiap keinginan yang bertentangan dengan keinginan Allah. Dan menghindari syubhat yang bertolak belakang dengan firman Allah. Dan jangan sampai muncul perasaan cinta yang bisa merusak kecintaan kepada Allah, mencintai dosa dan maksiat.

Inilah hakekat orang-orang yang akan diterima oleh Allah diakhirat. Senantiasa merasa diawasi oleh Allah, dia bisa sampai ke level ihsan.


#abdullahzaen #ustadzabdullahzaen #yufidtv #kajianasmaulhusna #asmaulhusna #allahmahabesar #allahmahakuasa