Ustadz Abdul Basith, Lc_Berlebihan dalam Berdo'a

AL-IMAN TV AL-IMAN TV Videos
44Views

Hendaknya kita berhati-hati dari melampaui batas dalam berdo’a. Manusia diperintahkan berdo’a kepada Rabbnya akan tetapi tetap perlu diperhatikan agar ketika berdo’a kita tidak melampaui batas yang telah ditetapkan oleh syariat kita. Sehingga kita malah terjatuh dalam hal-hal yang dilarang dalam agama, maka ini adalah hal yang perlu diketahui.
Dalam surat Al A’raf ayat 55, Allah berfirman: Berdo’alah kalian kepada Rabb kalian dengan merendahkan hati dan suara yang lirih.

Ini merupakan dalil bagi orang yang berdo’a hendaknya berdo;a kepada Allah dengan kerendahan hati dan suara yang lirih. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

Pada akhir ayat ini secara umum berisikan larangan berlebihan dalam berdo’a karena Allah tidak suka kepada orang-orang yang melebihi batas dalam segala hal. Maka jauhilah berlebihan dalam berdo’a.

Apa sajakah sikap berlebihan dalam berdo’a? Setiap perbuatan yang menyelisihi Sunnah Nabi ketika berdo’a maka itu sudah termasuk dalam sikap yang berlebihan dalam berdo’a. Perlu diingat pada saat seseorang berlebihan dalam berdo’a terkadang sampai pada derajat kekufuran maka ini berbahaya. Contohnya adalah seseorang yang berdo’a kepada selain Allah sedangkan berdo’a kepada selain Allah sedangkan berdo’a itu adalah ibadah yang khusus dilakukan hanya kepada Allah. Hal ini ditegaskan dalam surat Al Ahqaf ayat 5: Dan siapakah yang lebih sesat dari orang yang berdo’a kepada selain Allah yang tidak mungkin bisa mengijabahi do’anya hingga hari kiamat dan mereka lalai dari memperhatikan do’a mereka.