Lebih Baik Bersuara atau Tidak ketika Membaca al-Quran? - Syaikh Sa'ad al-Khatslan #NasehatUlama

Yufid.TV Yufid.TV Videos
116Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Lebih Baik Bersuara atau Tidak ketika Membaca al-Quran? - Syaikh Sa'ad al-Khatslan #NasehatUlama

Begitu besarnya keutamaan membaca alQuran maka sangat merugilah orang yang tidak mengamalkannya dengan baik. Allah Ta'ala menyebutkan keutamaan membaca al Quran sebagai perdagangan yang tidak pernah merugi sebagaimana disebutkan dalam alQuran surat Fathir ayat yang ke 29 dan 30. Oleh karena itu demi mendapatkan keutamaan membaca qur'an yang sempurna hendaknya seorang muslim memperhatikan niat ketika membaca al Quran dan adab membaca Alquran.

Diantara adab membaca Alquran adalah membaca Alquran dalam keadaan suci, membaca Alquran dengan tartil serta membaguskan suara ketika membaca Alquran, selain itu hendaknya memperhatikan hukum membaca alquran dengan tajwid karena hukum membaca alquran dengan tajwid adalah perkara yang sangat penting dan wajib membaca Alquran sesuai harakat dan mengucapkan huruf sesuai yang sebagaimana mestinya dan disertai irama bacaan alquran yang bagus.

Apakah membaca alquran harus bersuara? Lalu apa hukum membaca alquran tidak bersuara atau bolehkah membaca alquran tidak mengeluarkan suara namun hanya menggerakkan lisannya saja ? Membaca alquran dengan suara pelan atau hanya gerakan lisan saja adalah diperbolehkan namun lebih baik disertai suara, tapi suaranya tidak keras agar tidak mengganggu orang yang ada di kanan dan kirinya.

Hal ini karena jika membaca tanpa disertai suara maka seseorang tidak dapat memperindah bacaan al-Quran dan tidak dapat membaca alQuran dengan tartil padahal hukum membaca alquran dengan tajwid dan hukum membaca alquran dengan tartil adalah perkara yang sangat penting. Sehingga hukum membaca alquran dengan suara keras dengan kadar yang cukup serta dengan irama membaca al quran yang indah atau membaca alquran dengan suara merdu serta dengan bacaan yang tartil adalah lebih baik daripada membaca alQuran tanpa suara.

#nasehatulama #tartilquran #bacaanalquran

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se